#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

16 Oktober 2012

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN MA’HAD ISLAM PEKALONGAN

          


Latar Belakang Masalah

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Adapun yang dimaksud Anak Usia Dini (AUD) adalah rentang usia 0-6 tahun (Undang-undang Sisdinas NO. 20/2003 pasal 28 ayat 1) dikenal juga dengan golden age atau usia keemasan yang merupakan masa pembentukan pondasi dimasa yang akan datang. Hal ini dapat dilihat melalui karakteristik yang muncul pada Anak Usia Dini (AUD), antara lain :
  • ·    Usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, sebab usia tersebut merupakan periode diletakkannya dasar struktur kepribadian yang dibangun untuk sepanjang hidupnya. Oleh karena itu perlu pendidikan dan pelayanan yang tepat.
  • ·    Pengalaman awal sangat penting, sebab dasar awal cenderung bertahan dan akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya, disamping itu dasar awal akan cepat berkembang menjadi kebiasaan. Oleh karena itu perlu pemberian pengalaman awal yang positif.
  • ·   Perkembangan fisik dan mental mengalami kecepatan yang luar biasa, dibanding dengan sepanjang usianya. Bahkan usia 0 – 8 tahun mengalami 80% perkembangan otak dibanding sesudahnya. Oleh karena itu perlu stimulasi fisik dan mental.

 Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
•  Tujuan utama :  untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
•  Tujuan penyerta : untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Makna yang terkandung dalam tujuan PAUD tersebut, adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Jadi pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang produktif, inovatif dan berkepribadian. Berbicara mengenai terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka tidak akan terlepas dari peranan seorang pendidik atau guru. Dalam seluruh kegiatan pendidikan, guru menjadi penentu  keberhasilan pendidikan. Sebagai tenaga profesionalisme, guru menjadi faktor utama untuk meningkatkan kualitas anak didiknya.
Dengan demikian betapa pentingnya peran dan tanggung jawab guru, apalagi guru kelompok bermain (KB) sebagai pendidik anak-anak dalam masa keemasan (Golden Age). Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru sehingga akan terwujud anak usia dini yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan baik fisik maupun mental dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
     Masalah dan Tujuan
Berdasar latar belakang yang telah dikemukakan diatas maka akan disampaikan pada makalah ini tentang bagaimana “ Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidik Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Ma’had Islam Pekalongan “. Serta dapat disimpulkan tujuan dari penulisan makalah ini, yaitu untuk mengemukakan berbagai upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidik Kelompok Bermain Ma’had Islam Pekalongan.

PEMBAHASAN
Mengingat pentingnya peranan guru kelompok bermain  dalam  menciptakan dan mewujudkan pendidikan anak usia dini maka dibawah ini akan dibahas mengenai beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas guru pada Kelompok Bermain Ma’had Islam.
A.       Sistem Seleksi (Rekruitmen)
Pendidikan Anak Usia Dini sebagai jenjang pendidikan yang sangat penting dalam mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan dasar. Oleh karena itu pendidiknya perlu disiapkan secara baik. Melalui proses seleksi yang diadakan oleh pihak sekolah diharapkan mampu menjaring mutu tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensinya dan memiliki kualifikasi akademik yang dapat menunjang proses pembelajaran di kelompok bermain ma’had islam.    
Beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik PAUD, antara lain : 
-          Kompetensi paedagogik (kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelolaan pembelajaran yang partisipatif dan logis)
-          Kompetensi kepribadian (kemampuan pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, serta berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik)
-          Kompetensi sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik)
-          Kompetensi profesional (merupakan kemampuan penguasaan materi secara luas dan mendalam)
B.       Supervisi Pembelajaran
Supervisi pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidik. Dengan adanya kegiatan supervisi diharapkan tenaga pendidik dapat mencapai penguasaan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam proses pembelajaran secara maksimal. Terdapat dua kegiatan supervisi yang dapat dikembangkan, yaitu :
-          Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
Secara rutin dan terjadwal kepala sekolah melakukan kegiatan supervisi kepada guru dengan tujuan agar guru-guru mampu memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah memantau secara langsung kegiatan belajar mengajar.
-          Supervisi yang dilakukan oleh Pengurus Yayasan Ma’had Islam
Kegiatan supervisi yang dilakukan oleh pengurus, bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan para guru. Selain itu, kendala-kendala dan permasalahn yang dihadapi oleh pihak sekolah dapat diketahui secara langsung oleh pihak yayasan.
C.       Aktivitas Responsi
Responsi merupakan bentuk suatu interaksi baik formal maupun informal yang biasanya dilakukan melalui interaksi seperti, pendidikan dan pelatihan, seminar, studi banding, dan lain-lain. Aktivitas responsi sangat diperlukan oleh pendidik paud dalam menunjang dan meningkatkan kualitasnya. Adanya responsi mampu menjadi tolak ukur pendidik untuk mengembangkan proses pembelajaran, ketrampilan dan kreatifitasnya. Beberapa jenis responsi yang bisa dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pendidik,   yaitu :
-          Pendidikan dan pelatihan
    Pendidikan dan pelatihan sebaiknya diikuti secara berkala baik di tingkat kecamatan, kota, propinsi maupun nasional. Kegiatan pelatihan dimaksudkan untuk mengupgrade pengetahuan pendidik, terutama untuk materi yang berkaitan dengan kurikulum dan kegiatan pembelajaran.

-          Seminar
Dengan seminar memungkinkan pendidik untuk bisa menyerap pengetahuan dari berbagai nara sumber. Mengaplikasikan pengetahuan yang didapat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dan pendidikan anak usia dini.
-          Kelompok Kerja Pendidik PAUD (KKPP)
    Merupakan salah satu program kerja gugus yang telah dibentuk melalui himpunan pendidik anak usia dini (HIMPAUDI), KKPP ini berfungsi sebagai wadah berkumpulnya guru-guru di tingkat kecamatan untuk dapat berinteraksi dan berdiskusi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Seperti perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, evaluasi dan kendala-kendala yang dihadapi masing-masing sekolah/lembaga.
-          Studi Banding
     Kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi sekolah lain yang dianggap lebih baik. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidik. Tidak hanya bagi pendidiknya,  namun juga berguna bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.  Pengamatan yang dilakukan dalam studi banding, menjadikan tolak ukur sejauh mana mutu pendidikan yang telah diberikan.
D.   Sarana dan Prasarana
                     Sarana prasarana dapat digunakan untuk menunjang proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Bagi pendidik, ketersediaan sarana dan prasarana dapat membantu memperluas pengetahuan. Tentang sarana yang saat ini dibutuhkan oleh pendidik adalah ketersediaan fasilitas internet di lingkungan sekolah. Seperti diketahui, pemanfaatan tehnologi informasi (IT) sangat dibutuhkan dalam  menunjang proses pembelajaran. Setiap pendidik diharapkan  melek teknologi. Bahkan dengan penguasaan IT, kedepannya para pendidik bisa mengaktualisasikan diri melalui web sekolah. Selain fasilitas internet, jenis fasilitas lain yang bisa menambah wawasan adalah ketersedian  perpustakaan yang menjadi sumber ilmu bagi para pendidik.

 E.   Peningkatan Kesejahteraan Guru
Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh sejauh mana kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melaui kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, posisi strategis guru untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan profesional mengajar dan tingkat kesejahteraannya.
Beberapa bentuk kesejahteraan guru yang saat ini diharapkan mampu menunjang kualitas dan profesionalismenya adalah :
-          Gaji pokok perbulan
Penghasilan yang diperoleh setiap bulan diharapkan mampu mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari dan disesuaikan dengan standar Upah Minimum Harian (UMR) Kota Pekalongan.
-          Tunjangan Kesehatan
Berbeda dengan guru PNS yang telah memperoleh asuransi kesehatan (ASKES), guru swasta masih harus menanggung sendiri terhadap kecelakaan atau resiko kesehatan yang dialaminya. Sudah menjadi kewajiban bagi Yayasan, Satuan sekolah maupun Penyelenggara Pendidikan untuk memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan.
-          Subsidi Pendidikan

Idealnya guru PAUD adalah lulusan dari S1 PAUD, pada kenyataannya banyak guru yang belum
mengambil program Pendidikan Anak Usia Dini. Salah satu kendala untuk bisa melanjutkan

  pendidikan adalah keterbatasan biaya. Untuk itu diperlukan subsidi yang bisa menunjang proses 

kelanjutan pendidikan para guru. Supaya para pendidik mendapatkan keilmuan dan ketrampilan 

yang memadai sebagai bekal dalam mendidik dan mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

PENUTUP

A.    Kesimpulan
Peningkatan kualitas guru PAUD saat ini adalah hal yang mutlak dilakukan. Hal ini mengingat betapa pentingnya pendidikan anak usia dini yang berada pada masa usia keemasan (golden age). sehingga akan terwujud anak usia dini yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan baik fisik maupun mental dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Beberapa upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD, antara lain :
-          Sistem Seleksi (Rekruitmen)
-          Supervisi Pembelajaran
-          Aktivitas Responsi
-          Sarana dan Prasarana
-          Peningkatan Kesejahteraan Guru
B.     Saran
Upaya peningkatan kualitas pendidik PAUD tidak hanya menjadi tanggung jawab individu semata namun juga menjadi tangung jawab bersama antara pemerintah, pihak sekolah, pengurus dan yayasan yang menaunginya. Untuk itu diharapkan perhatian dan pembinaan yang dilakukan secara berkala sehingga mutu pendidik terus berkembang sesuai dengan tuntutan masyarakat terhadap kemajuan pendidikan putra-putrinya. Pendidikan mencakup berbagai tingkatan, dimulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi, oleh karena itu sudah semestinya terdapat pemerataan kesejahteraan bagi para pendidiknya.

25 Juli 2012

'Best Moment with Best Child'


Senang, riang, hari yang kunantikan
Kusambut "hai" pagi yang cerah
Mataharipun bersinar terang
Menemaniku pergi sekolah
Senang, riang, hari yang kuimpikan
Jumpa lagi kawanku semua
S'lamat pagi guruku tersayang
Ku siap mengejar cita-cita

Dengarlah lonceng berbunyi
Kawan segeralah berlari
Siapkanlah dirimu
Dalam mencari ilmu

Waktu cepat berganti
Hingga lonceng terdengar lagi
Semua pun bersorak dengan riang

Senang, riang, masa depan kan datang
Capai ilmu setinggi awan
Hingga nanti aku tlah dewasa
Dunia kan tersenyum bahagia

Senin, 16 Juli'2012
adalah hari pertama masuk sekolah. Wajah ceria anak-anak terlihat ketika mereka memasuki gerbang sekolah. Suasana riuh mengiringi langkah kaki kecil mereka yang ditemani mama, papa, bahkan kakek dan nenek. Pemandangan yang slalu menghiasi setiap pergantian tahun ajaran baru. Tak terkecuali bagi saya dan teman-teman guru yang disibukkan dengan persiapan materi pembelajaran. 

Di hari yang sama,
Salah seorang murid saya (shafa) dulu yang sekarang duduk dibangku TK tidak mau masuk kelas. Rupanya dia tidak tahu kalau sekarang kelasnya sudah pindah di TK. Maklum, di sekolah tempat saya mengajar masih satu kompleks dengan TK. Jadi, anak-anak yang tadinya di playgroup memiliki anggapan bahwa kelasnya masih sama dan dengan guru yang sama. Padahal diakhir tahun ajaran, para guru selalu memberikan pengertian jika nanti anak-anak akan memiliki kelas dan seragam baru. Hmm,....namanya juga anak-anak. Terkadang mereka belum terbiasa dengan sesuatu yang baru.

Sampai bel berbunyi, tanda masuk kelas. Shafa masih berdiri didepan kelas playgroup. Terlihat bingung, antara masuk atau tidak. Saya biarkan dia sesaat dengan kebingungannya. Baru nyadar, ketika salah seorang guru TK meminta bantuan saya untuk membujuk shafa agar mau masuk kelas. Saya hampiri shafa yang sudah berdiri didepan ruang kelas TK. Badannya berkeringat dan wajahnya pucat. Saya gandeng tangannya masuk ke kelas. Mencari posisi tempat duduk yang aman diantara eks murid playgroup lainnya. Saya temani dia untuk sementara waktu. Saya pandangi wajah kuyunya dalam kecemasan. Wajah sama yang saya dapati setahun yang lalu saat dia pertama kali menginjakkan kaki di playgroup. Ada perasaan yang sama, ketika dia harus mulai belajar mandiri dan beradaptasi dengan teman-teman sebayanya. Proses yang cukup panjang sampai akhirnya shafa bisa benar-benar mandiri dan mau melakukan aktivitas belajar tanpa ditemani oleh eyang uti'nya. Sentuhan tangan dibahu saya, membuyarkan flashback tentang shafa. Setelah dirasa cukup, guru kelas shafa di TK menyuruh saya meninggalkan ruangan. Bergegas saya keluar seiring suara tangis shafa yang pecah. Shafa,....ini hanya sementara nak. Kembali ke awal, berproses dan saya yakin kamu bisa.

Shafa Aurelia Budhi Wardhani

Beberapa hari kemudian,
Shafa kecil sudah kembali. Bermain bersama guru barunya di TK dan juga teman-temannya. Tidak ada lagi kecemasan dan ketakutan.
Hanya wajah ceria yang kini mewarnai...
Selamat belajar shafa.....
Langkahmu masih panjang menuju hari depan...
Jadilah matahari bagi ke'dua orang tuamu dan orang-orang yang menyayangimu...


#Note :
Selamat Hari Anak Nasional @23 Juli
Anak Indonesia sehat, cerdas, ceria dan berakhlaq mulia

24 Juli 2012

Yang Special di Hari Ke'empat'

 Assalamu'alaikum...
Alhamdulillah, puasa sudah masuk hari ke-empat. Ga terasa yaa tinggal 26 hari lagi. Hwaaa....masih lama tapi malah bangga. Di hari yang ke-empat ini, saya sengaja menyiapkan makanan special untuk menu buka puasa.
Kalau biasanya, didominasi tempe-tahu goreng tepung. Terus, kemarin masak sayur asem. Lauknya pecak ikan pe......hmmm sedaaaap.

Kembali pada yang special
Ceritanya dua hari yang lalu dapat kiriman 1 kg ayam mentah. Dikasih sama saudara yang jualan di pasar. Bingung mau dimasak apa. Hari-hari cuma digoreng, kadang dibikin opor atau semur. Baru kepikiran,...gimana kalau dibakar saja. Nah, supaya hasil jadinya lebih maknyus maka saya menggunakan arang untuk membakar ayamnya.


si kaka kejatahan bakar ayam...
Berbagi tugas
Bertiga dengan bulik, kami bersiap. Arang yang digunakan untuk membakar ayam udah dijemur sebelumnya. Bagian bakar-bakar, si kaka. Bulik, ada di dapur menyiapkan sambal bumbu kacang. Sedangkan saya, asyik ngeliatin aksi kaka sambil foto-foto.

hasil setengah jadinya

tampilan ayam bakar bumbu kacang...hmmmmm

Benar-benar menggoda iman. Eitss tapi belum waktunya. Sabar,...tinggal menghitung putaran menit ga pake lama kayaknya. Ok, untuk menu utama udah jadi. Sekarang dilihat yuks musuhnya....

taraaaa ni dia musuhnya,...nasi gurih
Finish....kelar sudah menyiapkan buka puasa untuk hari ini. Menu istimewa ala dapur keluarga baru kami. Met buka puasa yaa temans, bersabarlah menunggu bedug maghrib. Awali dengan doa dan berbukalah dengan yang manis-manis.
Wassalam..

20 Juli 2012

Welcome Ramadhan


Alhamdulillah, bertemu kembali dengan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan hikmah. Satu harapan sederhana...smoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
All sahabat blogger, saya ucapkan 
:: Selamat Menjalankan Ibadah Puasa ::
Jika ada salah-salah kata baik dalam postingan maupun komentar saya minta maaf.....^^

14 Juli 2012

`PR dari dan untuk Sahabat Blogger'

Hoahhmmm......asli nih mata udah lima watt. Tinggal bleg aja,....segera terlelap dan ga sabar pengen ketemu bantal-guling kesayangan. Cuma karena rasa solidaritas...ceiyee....bahasa saya kaya apa gituuu,.....hehehe.
Maksudnya karena tanggung jawab untuk mengerjakan tugas yang maha penting akhirnya rasa kantuk yang mendera  saya tahan sekuat tenaga. Berbekal pentol korek api, jadilah pengganjal mata yang efektif Hmm...lumayan sedikit melek. Oke lah langsung saja, PR yang akan saya kerjakan pertama yaitu PR dari ibu guru noorma. Sebelumnya minta maaf dulu yaa bu, jika PR selama +/- 5 bulan yang lalu baru saya kerjakan.Hawduuh, ndableg banget yaa bu ni muridnya.
Daaaaan 5 soalnya adalah sebagai berikut : (alhamdulillah cuma 5 soal yaa buu....hihihi)

1. Sebutkan nama lengkapmu, nama panggilan kesayanganmu, dan darimana asal kamu?
Nama lengkap...? KTP mana KTP?....hehehe....*keselip tuh dimana yaaak :D
Nama panggilan kesayangan,....halah kalau saya dipanggil beb, keliatan ABG tua donk. So, cukup panggil nama panggilan aja tanpa sayang. Biasanya sih dipanggil dengan mba' Yuni atau mba' Cici'.....asal jangan mba Yanto aja yaah :p
Asalnya,...udah tau koq nanya tow...hehehe

2. Apa makanan khas daerahmu? terbuat dari apa saja? bagaimana cara membuatnya?
Kalau makanan khasnya MEGONO. Terbuat dari cacahan buah nangka muda. Asli deh, ga pernah bikin megono sendiri. Tinggal nunggu depan rumah, ntar kan udah ada penjual megono yang lewat. Beres kan :p

3. Jika ada warna hitam dan putih, warna apa yang kamu pilih? kenapa?
wah,....yang pasti saya ga bakal milih keduanya. Ga demen ciiin. Saya kan suka'nya warna ungu, ungu dan ungu (sebut 3 kali.....hahaha)

4. Antara Dokter dan Guru, profesi mana yang paling kamu suka? Apa alasannya?
Guru donk,....sesuai dengan profesi saya saat ini. Abisnya dulu waktu kecil pengeeen banget jadi dokter tapi ga kesampaian......(boong banget ding)..... :D

5. Menurut kamu, BLOGGER itu apa sih? Kenapa kamu menjadi seorang BLOGGER? sebutkan alasannya?
Blogger tu sejenis orang yang suka nulis. Yaaah nulis apa aja, bisa tentang cerita keseharian, pengalaman hidup, pengetahuan, etc. Pokoknya gitu lah...hehehe. Alasan menjadi seorang blogger, awalnya cuma iseng aja sih....ehh lama-lama keasyikan soalnya banyak GA, ada kontes ini-itu yang hadiahnya bikin ngilerrr........ :D



Alhamdulillah PR yang pertama dari ibu guru noorma udah kelar. Lanjut ke PR kedua yang diberikan oleh bapak guru eksak. Simak yuuk,...pertanyaan sekaligus jawabannya.

1. Age, Sex, Location..
Age...? hohoho...ada pertanyaan lain ga ya. Kalau nanya umur, saya berasa 17 tahun terus tuh...hihihi. Jelas donk, jenis kelaminnya perempuan. Kota asal Pekalongan, yang terkenal dengan kota batiknya tuh....asiiiik :D

2. Hidup itu ibarat..
Bagi saya...Hidup itu just like a water stream....jadi...*artiin aja sendiri...hehe

3. Berapa kali jantung berdetak ketika umur 60 tahun?
Menurut tetangga sebelah rumah.....jantung berdetak 40 kali/menit karena smakin tua maka detak jantungnya smakin menurun. Oyeeee...hehe

4. Apakah saya orang jujur dan bisa dipercaya?
Tau tuh,..nanya aja ma tukang kebun saya...beres kan?!! hihihi :p

5. Tentang konser Lady Gaga?
Sapa sih Lady gagal,.....ga kenal tuh :p

6. Dimana letak Nabi Adam dalam teori darwin?
Teori yang mana lagi,....ga penting ahh. Saya sih cuma percaya sama Allah SWT.titik. Ga pake koma ...

7. Tentang Science vs Agama?
Hawduuuh,..otak saya suka lemod kalau disuruh mikir yang model kayak gini. Secara sekarang udah hampir jam sebelas malam,...waktunya gosok gigi, cuci tangan, cuci kaki, minum susu, tariiik selimut *curcol :D

8. Manfaat Gugling?
Jalan pintas menuju kemana saja ... :D

9. Waktu yg dibutuhin buat ngerebus 1 kg telur?
Jarang masuk dapur jadi ga ngitung tuh matengnya berapa lama..hahaaa....:D

10. Lirik lagu yang paling dibenci?
Ekhm.....ekhm...ho'oooo....ho'oooooo....ho'ooooo....asololee...asololee...asololee....

11. Belajar akting, maki-maki gara-gara tulisan saya dijiplak..
Wah,...soal akting saya bukan ahlinya meskipun dian sastro adalah sepupu saya tapi ga ada bakat kesitu deh kaya'nya...hihihi :p

12. Saran dan Kritik buat blog kamu...
Everything is gonna be okey.....huuu...huuu...
Udah keren koq sob, gaya bahasanya mudah dimengerti. Cuma kalau kamu udah pake bahasa-bahasa planet, saya suka ga paham. Maklumlah sob, ilmu saya cetek n belom sampe kesitu....^^Happy Blogging n Keep on Fire^^ yuuk mariii....

#Finish...Alhamdulillah bisa tidur nyenyak. Ga dikejar-kejar deep colector, serasa saya punya utang. Skali lagi maav yaa bu guru noorma n pak guru eksak atas ke'tambengan saya....hihihi.