Menjelang akhir tahun ajaran, kebayang banyak tugas menumpuk. Mulai dari ngisi raport, bikin laporan perkembangan bulanan anak didik, bikin laporan psikologi, ngumpulin hasil karya anak, dan bejibun tugas lainnya. Belum lagi persiapan lomba hari anak nasional serta acara pelepasan anak. Bisa runyam kalau ngerjainnya borongan. Yang ada, lembur terus. Kantung mata makin membesar. Tekanan darah drop. Berkunang-kunang, kepala pusing pun ikut menyerang. Aku pikir, ketimbang ntarnya refot mendingan dicicil dari sekarang. Mulailah dengan mengumpulkan hasil karya anak. Kenapa tugas ini dulu yang kukerjakan, yah karena hasil karya punya anak sudah cukup banyak, menuh-menuhin loker pula jadi lebih rapi jika diurutkan dengan tanggal pengerjaannya.
Sip, kalau begitu 1...2..3....lakukan....
>Step pertama, aku urutin dulu dari bulannya. Awal masuk semester 1, si sekitar bulan juli, tapi biasanya dipakai untuk masa orientasi. Jadi baru sekitar bulan september kegiatan rutin dimulai.
>Step kedua, setelah diurutkan berdasar tanggal dan bulan. Tinggal, mengumpulkan hasil karya sesuai nama anak.
>Step ketiga, tinggal diklip biar lebih teratur. Next, dikasih cover n dijilid.
>Step keempat, ngemil....sembari ngecek barangkali ada hasil karya yang keselip :D
0ke, kelar satu tugas. Menyusul tugas yang lain. Beberapa hasil karya menarik telah dikerjakan anak-anak.....
Nyok kemon kita lihat...
![]() |
menabur teh |
![]() |
mengarsir dengan kuas |
![]() |
menempel batang korek api |
![]() |
menabur serut kayu |
![]() |
mengecap dengan batang pepaya |
![]() |
menempel balon angka |
![]() |
menempel awan, gunung, pohon, rumput & bebek |
Yah gitu deh, meski hasilnya ada yang acak-acakan, ga pas nempelnya, taburannya cuma separo pola, etc. Tetap aja hasil karya sendiri. Karya milik anak yang natural. Apa adanya. Patut diacungi jempol dan diberi bintang tiga.